GET Money here

CEK PAGERANK ANDA DI SINI

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Jumat, 27 Agustus 2010

Serunya Bikin Film Adaptasi


SURABAYA - Beberapa tahun terakhir, film adaptasi mejadi tren di kalangan para pembuat film. Tak jarang film yang diadaptasi dari sebuah karya sastra maupun kisah nyata mendapat penghargaan di berbagai ajang festival film. Untuk itu, LA Lights dan SET Film mengadakan LA Lights Indie Movie 2010.

''Tahun ini merupakan perhelatan yang keempat dengan tema dan gaya yang lebih fresh,'' ungkap Festival Manager LA Lights Indie Movie 2010 Aletheia Fira kemarin (23/6).

Dia menjelaskan, kompetisi film indie tersebut akan diadakan di empat kota. Yakni, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Jogjakarta. Di Surabaya, acara dilangsungkan pada 3-4 Juli mendatang di Gedung Telkom, Jalan Ketintang.

Menurut Fira, even kali ini menawarkan konsep segar dalam dunia film independen dengan mengangkat tema adaptasi. Yang dimaksud adaptasi adalah mengubah sebuah karya sastra berupa cerita pendek (cerpen) untuk dijadikan sebuah film pendek. ''Tema tersebut dijadikan pilar utama kompetisi bagi pembuat film pemula ini,'' ungkapnya.

Sementara itu, tema pop culture, kata Fira, berfungsi sebagai elemen penyegar. Cara unik tersebut diharapkan mampu menggugah imajinasi kreativitas dan semangat anak-anak muda dalam mengapresiasikan karya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, even tahun ini akan dimulai dengan workshop film dan seleksi ide cerita dari peserta. Akan hadir dalam acara tersebut beberapa pembuat film yang cukup terkenal. Di antaranya, KIM Sung-Ho, filmmaker dari Korea Selatan; Garin Nugroho; Lintang Pramudya Wardani; Riri Riza; Hanung Bramantyo; dan Salman Aristo. ''Mereka nanti memberikan workshop dan menilai ide peserta,'' kata Fira.

Mereka juga akan memilih 10 peserta dari empat kota untuk membuat film indie. Namun, pembuatannya tidak sembarangan tanpa memperhatikan pakem-pakem yang sudah ada, melainkan secara profesional dengan didampingi para pekerja film yang sudah berpengalaman.

Fira menambahkan, selain workshop dan pitcing ide film, akan ada seminar animasi. (dan/c5/aww)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar